Bisnisly.com
Belajar Bisnis, Investasi, Dan Internet Marketing

10 Cara Promosi Di Sosial Media Yang Benar Dan Terbukti Ampuh

0

Apakah Anda sedang mencari cara mempromosikan bisnis yang sedang dibangun? Jika iya, maka Anda akan beruntung sekali, karena topik utama kali ini adalah cara promosi di sosial media yang benar dan terbukti ampuh. Mau tau caranya? Yuk simak artikel ini hingga habis.

Tau kah Anda? Sosial media merupakan situs media online yang paling banyak dikunjungi orang di dunia per harinya. Beberapa media sosial terpopuler antara lain; Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Pinterest, Tumblr, dll yang semuanya bisa Anda nikmati secara GRATIS.

Tentunya, tujuan orang berselancar di media sosial juga berbeda-beda. Entah tujuannya untuk hiburan, berkomunikasi dengan teman, membagikan konten berupa tulisan atau gambar, forum diskusi, dll.

Menariknya, ternyata sosial media juga sangat bagus untuk promosi. Bagaimana caranya? Inilah beberapa cara promosi di somed paling ampuh yang bisa Anda coba.

Cara Promosi Di Sosial Media Paling Mudah Dan Ampuh

Promosi di sosial media tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, melainkan ada cara-cara tertentu agar promosi di sosmed hasilnya lebih maksimal. Di bawah ini adalah langkah-langkah cara memasarkan produk atau bisnis di sosial media yang benar dan terbukti ampuh.

1. Pahami Karakteristik Sosial Media

Ada pepatah yang mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” hal ini sama halnya dengan promosi di sosmed, bagaimana bisa sukses jika Anda tidak paham cara menggunakannya. Maka dari itu, cara promosi di sosial media yang benar adalah pahami dulu karakteristik setiap sosial media yang ditargetkan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak sekali macam-macam sosial media yang bisa diakses secara gratis. Maka buatlah akun, kemudian pahami cara menggunakannya hingga mahir. Dengan begitu, kedepannya akan lebih mudah dan cepat dalam mengoperasikan.

2. Pahami Potensi Dari Setiap Sosial Media

Setiap sosial media tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sebagai pelaku bisnis wajib mencari tahu potensi setiap sosial media yang akan digunakan. Salah satunya adalah mencari data pengguna aktif pada setiap platform sosmed.

Menurut data yang dilansir oleh wearesocial(dot)com, Facebook adalah platform sosial media paling banyak memiliki pengguna aktif di Indonesia.

Data Pengguna Aktif Facebook DI Indonesia
Data Pengguna Aktif Facebook DI Indonesia

Tujuannya adalah untuk membagi prioritas setiap sosial media yang akan digunakan nanti. Lazimnya, semakin banyak pengguna aktif pada sebuah sosial media tertentu maka semakin bagus dan perlu lebih diprioritaskan.

3. Tentukan Jenis Konten Yang Akan Dipromosikan

Setelah memiliki data sosial media paling berpotensi. Maka, cara promosi di sosial media yang benar selanjutnya adalah menentukan jenis konten yang akan dipromosikan. Misalnya, untuk konten yang lebih dominan menampilkan gambar-gambar, maka instagram dan pinterest sangat cocok.

Namun berbeda lagi, jika konten yang Anda promosikan adalah bentuk tulisan. Jika demikian Facebook, Linkedin, Twitter, sangat cocok untuk promosi jenis konten seperti ini. Jadi sebagai pelaku promosi Anda harus bisa menempatkan konten Anda di sosial media yang tepat pula.

4. Buat Konten Promosi Yang Menarik

Nah, sekarang kita masuk ke ranah konten promosi itu sendiri. Percaya atau tidak, salah satu tolok ukur keberhasilan promosi di sosial media adalah dari kualitas konten itu sendiri. Bagaimana membuat konten promosi yang menarik?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat konten promosi. Sebab ada beberapa konten yang bukannya mendatangkan keuntungan, bahkan bisa membuat orang unfollow atau unlike media sosial bisnis Anda.

Setidaknya, untuk membuat konten promosi yang manarik bisa melakukan dengan cara-cara seperti di bawah ini:

  • Narasi yang menggugah audience untuk membaca
  • Menampilkan gambar yang menarik perhatian
  • Atau membuat video durasi sedang dan padat isi

5. Membangun Audiens

Meningkatkan jangkauan promosi di sosial media dengan membangun audiens.
Membangun Audiens

Kemudian, cara promosi di sosial media selanjutnya yang benar adalah dengan membangun Audiens Anda sendiri. Artinya, jika Anda memiliki Audiens sendiri maka kesempatan untuk dilihat atau branding produk, bisnis, atau konten akan semakin mudah.

Cara paling umum digunakan untuk membangun Audiens adalah dengan mencari follower atau pengikut sebanyak-banyaknya. Atau juga bisa dilakukan dengan membangun komunitas atau group khusus, dengan tujuan menghimpun follower yang memiliki ketertarikan sama.

6. Mengenali Dan Membangun Interaksi Dengan Audiens

Cara promosi di sosial media tidaklah hanya dengan meluaskan jangkauan saja, melainkan juga mengenali Audiens secara psikografis. Maksutnya, mengenali sikap atau prilaku audiens terhadap promosi Anda.

Biasanya, di sosial media terdapat fitur untuk mengetahui data ini, seperti di halaman Facebook ada fitur insight. Dengan begitu, secara tidak langsung bisa mengetahui mulai dari jenis kelamin, demografi, dan hal-hal penting lainnya.

Sehingga untuk kedepannya dapat memilih promosi paling tepat sesuai data-data yang di dapat tersebut. Selain itu untuk juga sangat penting untuk membangun interaksi dengan Audiens. Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Balas komentar
  • Kasih arahan pembaca
  • Terima masukan dari follower

7. Hiburan & Giveaway

Membuat promosi di sosial media lebih menarik dengan undian hadiah atau giveaway
Membuat Hadiah Hiburan Dan Giveaway

Cara promosi di sosial media selanjutnya adalah membuat pancingan kepada Audiens Anda. Salah satu trik yang biasa digunakan adalah bagi-bagi hadiah atau istilah kerennya adalah Giveaway. Kemudian berikan sedikit aturan sebelum mengikuti undian. Misalnya suruh follow, like, atau share, dll.

Nah, kemudian silahkan undi dan umumkan. Cara ini cukup efektif dan terbukti banyak pelaku social media markting yang menggunakan cara ini untuk dongkrak enggament dan follower. Atau juga untuk mengisi postingan harian bisa mengadakan kuis atau poling untuk menarik Audiens.

8. Optimalkan Dengan Iklan

Nah cara promosi di sosial media berikutnya adalah mengoptimalkan dengan iklan. Namun cara ini setidaknya membutuhkan dana. Biasanya, setiap sosial media juga sepaket menawarkan layanan periklanan.

Seperti di Facebook, selain sebagai penyedia platform sosial media gratis, juga menyediakan jaringan periklanan ke penggunannya, seperti:

  • Sponsored stories.
  • CPC.
  • Page Post Ads Facebook.
  • Page like Ads.

Nah, jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa menganggarkan dana Anda untuk beriklan. Dan cara-cara beriklan juga bermacam-macam, Misalnya: pay for promote, Endorsment, direct Advertising, Dan Advertising network, selengkapnya silahkan baca di cara beriklan di Internet.

9. Konsisten

Ada pepatah mengatakan, “usaha tidak akan menghianati hasil” asalkan dilakukan dengan konsisten. Faktanya memang demikian, apapun bila dilakukan dengan konsisten maka hasilnya akan tidak akan mengingkarinya.

Sama halnya dengan promosi di sosial media, jika semua langkah di atas dilakukan dengan konsisten, besar kemungkinan bisnis yang Anda bangun akan cepat melesat. Dan jangan lupa untuk terus mencoba strategi-strategi baru guna mencari cara yang paling efisien.

10. Evaluasi Rutin

Kunci sukses promosi di sosial media adalah dengan evaluasi rutin hasil promosi
Evaluasi Hasil Promosi

Langkah terakhir cara promosi di sosial media adalah evaluasi performa secara berkala. Tujuan evaluasi adalah untuk mendapatkan progress perkembangan. Tanpa penilaian lebih lanjut Anda tidak dapat mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan lagi.

Terlebih lagi jika baru melakukan pemasaran di sosial media maka sangat perlu melakukan evaluasi. Dengan begitu, Anda dapat melihat apakah strategi promosi sudah cukup efesien atau bahkan gagal sehingga butuh banyak perubahan kedepannya.

Kesimpulan

Singkat kata, sosial media saat ini adalah tempat paling pas untuk promosi dan meningkatkan jangkau bisnis Anda. Namun, social media marketing tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan ada cara-cara tertentu agar promosi bisa lebih efektif, tepat sasaran, dan hemat biaya.

Strategi yang bisa dipakai adalah seperti yang telah dijabarkan di atas. Nah, itulah tadi cara promosi di sosial media semoga bisa membantu Anda dalam membantu mengembangkan bisnis Anda. Baca juga cara mendapatkan uang di internet dengan 7 langkah ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More