Bisnisly.com
Belajar Bisnis, Investasi, Dan Internet Marketing

Buka Rahasia, 9 Cara Menjadi Freelancer Sukses Untuk Pemula

0

Bisnis online di jaman serba digital dan maju ini, sangat bermacam-macam jenisnya salah satunya adalah sebagai seorang freelancer. Bahkan sebagian besar orang, khususnya anak milenial sangat menggemari bisnis ini. Lantas bagaimana cara menjadi freelancer sukses?

Biasanya, yang menjadi alasan kaum muda mudi memilih menjadi freelancer adalah karena fleksibilitas waktu dan pekerjaannya. Seorang freelancer dalam bekerja tidak terikat waktu seperti pekerja pada umumnya dan bisa kerja dimanapun yang dikehendaki.

Kebetulan, pada kesempatan kali ini, kita akan membuka rahasia cara menjadi freelancer sukses. Namun sebelum masuk ke topik utama, mari terlebih dahulu kita bahas mengenai definisi dan sistem kerja freelance.

Apa Itu Freelancer?

Apa itu freelancer? Baik, freelancer atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pekerja lepas. Secara definisi adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen atau secara resmi terikat dengan lembaga atau korporasi tertentu.

Tips Menjadi Freelancer Profesional
Tips Menjadi Freelancer Profesional

Karena tidak terikat secara resmi, maka dalam bekerja seorang freelancer akan bekerja secara lepas tanpa ada batasan waktu. Dalam perjanjian, yang mengikat seorang pekerja lepas hanyalah dateline atau tenggang waktu proyek yang dikerjakannya saja.

Saat ini, yang lagi nge-tren adalah menjadi freelancer online. Artinya, pekerja lepas ini mengerjakan proyek dari pembuat proyek yang dipertemukan melalui situs-situs freelancer. Jadi, mulai dari perjanjian kerja hingga pembayaran semua berjalan online.

Bagaimana Sistem Kerja Freelance ?

Sistem kerjanya, user akan membuat sebuah proyek di website freelancer, kemudian user lain menawar (bid) dengan harga tertentu, dan akan diseleksi oleh pemilik proyek. Kemudian, user yang terpilih akan mengerjakan hingga batas waktu tertentu.

Ketika sudah selesai dan semua pihak sepakat, maka penyedia proyek akan membayar uang ke freelancer sesuai (bid) yang disepakati awal melalui situs freelancer. Jadi istilahnya, situs freelancer ini adalah sebagai penghubung dan penengah antara pemilik proyek dan pekerja lepas.

Buka Rahasia Menjadi Freelancer Sukses Ala Bisnisly.com

Bagi Anda yang tertarik ingin menjadi seorang freelancer namun belum memiliki pengalaman. Tenang, kali ini Bisnisly.com akan membuka rahasia cara menjadi freelancer online sukses. Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Daftar Ke Situs Freelancer Online

Langkah awal jika Anda ingin menjadi freelancer sukses adalah mencari peluang pekerjaan freelance. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri Anda ke situs freelancer. Banyak sekali situs freelancer yang bisa Anda coba daftar, mulai dari lokal atau dari luar negeri seperti di bawah ini.

#Situs Freelancer Lokal:

  • Projects.co.id
  • Freelancer indonesia
  • Sribulancer
  • Sribu
  • Gobann
  • Upwork
  • Croundsource
  • Proz
  • Toptal
  • Ruang Guru

#Situs Freelancer Luar Negeri:

  • Fiverr .com
  • Craiglist.com
  • 5euros.com
  • Fivesquid.com
  • FeeHour.com

Nah, untuk persiapan setidaknya Anda menyiapkan akun email dan nomor telepon aktif untuk keperluan registrasi di situs freelancer online . Dan jangan khawatir, sebagian besar situs freelancer saat registrasi tidak memerlukan biaya alias GRATIS.

2. Menjadi Freelancer Multitalenta

Menjadi Freelancer Multitalenta
Menjadi Freelancer Multitalenta

Jika Anda ingin menjadi freelancer sukses, kunci utamanya adalah terus belajar dan belajar untuk mengembangkan potensi atau skill Anda. Pasalnya, seperti yang dijelaskan di atas bahwa sistem kerja lepas adalah freelancer akan dibayar sesuai proyek yang dikerjakan.

Jadi semakin banyak proyek yang dikerjakan semakin banyak, maka semakin banyak pula uang yang didapat. Jadi, semakin multitalenta diri Anda miliki, maka kesempatan untuk mengerjakan proyek akan semakin mudah

3. Membangun Personal Branding

Cara menjadi freelancer sukses selanjutnya adalah membangun personal branding diri Anda. Jika Anda bercita-cita sebagai full time pekerja lepas, maka perlu membuat diri Anda menarik agar di lirik oleh pembuat proyek.

Dengan banyaknya pesaing sesama pekerja lepas yang ada, pemilik proyek akan memilih yang terbaik. Lazimnya, semakin banyak proyek yang pernah dikerjakan maka semakin besar pula Anda akan diterima. Salah satunya adalah buat portofolio yang menarik.

Beberapa hal yang perlu dimasukkan ke dalam portofolio:

  • Memberikan contoh pekerjaan yang pernah dikerjakan atau yang sedang dikerjakan
  • Berikan informasi tentang keterampilan, pendidikan dan prestasi anda yang relevan.
  • Meminta dan menampilkan testimonial di portofolio.
  • Mencantumkan informasi kontak yang bisa di hubungi dan informasi tentang diri anda
  • Melakukan pembaruan secara berkala agar tidak terjadi kesalahan informasi
  • Membuat blog portofolio pribadi

Personal branding dapat dikatakan sebagai popularitas diri kita sehingga kita memiliki reputasi yang baik sebagai freelance. Dengan memiliki reputasi yang baik di bidang freelance tentunya kita akan mendapatkan kepercayaan dari klien.

4. Asah Kemampuan Negosiasi

Latih Dan Asah Kemampuan Negosiasi
Latih Kemampuan Negosiasi

Percaya atau tidak, kemampuan negosiasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan untuk bekerjasama dengan klien. Kesepakatan terjadi bila kedua belah pihak setuju. Maka dari itu, untuk menjadi pekerja lepas maka Anda sangat memerlukan kemampuan ini.

Agar mahir dalam bernegosiasi dengan klien tentu harus banyak latihan. Anda bisa mulai dengan dari orang sekitar dulu. Cobalah untuk menawarkan jasa Anda kemudian dari situ coba pelajari segala reaksi orang-orang yang Anda tawari untuk mencari alternatif lain.

Jika hal tersebut sering dilatih tidak menutup kemungkinan Anda akan menjadi terbiasa. Nah, jika sudah mahir, mulailah memasarkan kemampuan atau jasa Anda secara luas. Salah satunya adalah melalui periklanan atau lewat situs freelancer.

5. Menjadi Freelancer Yang Aktif

Tidak dapat dipungkiri, semakin berkembangnya jaman yang serba digital, mengubah banyak hal salah satunya adalah dari segi dunia bisnis freelance. Dengan didukung mulai banyaknya situs freelancer, memudahkan banyak orang untuk menjadi pekerja lepas.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi freelancer sukses maka selalu aktif di situs-situs seperti ini adalah cara paling tepat. Tujuannya adalah untuk mengetahui proyek-proyek terbaru. Nah selanjutnya, silahkan coba tawarkan diri Anda.

6. Menjadi Freelancer Profesional

Salah satu etos kerja yang sering dilupakan oleh freelancer adalah faktor profesionalisme. Sebagai pekerja lepas meskipun tidak terikat secara resmi dengan pemberi proyek, namun wajib hukumnya untuk tetap profesional.

Cara menjadi freelancer yang profesional:

  • Menyampaikan progress
  • Kerjakan sesuai dateline
  • Jaga kualitas pekerjaan
  • Memberikan garansi

Dengan melakukan hal tersebut memberikan nilai plus di mata klien Anda. Sehingga, memperbesar kemungkinan jasa Anda akan di sewa kembali oleh pemilik proyek. Intinya, profesionalisme kerja sangat baik untuk masa depan karir sebagai seorang freelancer.

7. Membangun Relasi

Membangun Relasi Networking
Membangun Relasi Networking

Salah satu faktor penting yang membuat seorang freelancer sukses adalah memiliki banyak relasi. Dengan banyak relasi akan memperbesar banyak informasi tentang proyek-proyek dari kolega-kolega Anda.

Menjadi seorang freelancer Anda dapat membangun network secara online. misalnya, adalah melalui Facebook, Linkedin, atau forum-forum online lainnya. Atau bisa juga dengan mengirim email secara langsung kepada calon-calon klien Anda.

8. Membangun Komunikasi Dengan Klien

Tips menjadi freelancer sukses berikutnya yang sering dilalaikan adalah membangun relasi dengan mantan klien. Meskipun ikatan kontrak kerja sudah berakhir dengan klien tersebut, tidak ada salahnya untuk terus membangun komunikasi.

Salah satu caranya adalah mencoba membangun komunikasi dengan klien, misalnya dengan menanyakan klien apakah ada masalah dengan proyek yang Anda kerjakan dulu. Terkadang, hal-hal demikian bisa mendatangkan hubungan kerja lain dengan Anda.

9. Membagi Porsi Bekerja Dan Istirahat

Membagi Porsi Istirahat Dan Refreshing
Membagi Porsi Bekerja Dan Istirahat

Selalu bekerja keras memang sangat dianjurkan dalam melakukan apapun, sama halnya di saat Anda menjadi freelancer. Namun ada kalanya, Anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh Anda agar tidak sampai sakit. Salah satu caranya adalah membagi porsi kerja dan istirahat cukup.

Dengan istirahat sejenak dari pekerjaan dan menggunakan waktu untuk pemulihan diri misalnya dengan tidur yang cukup atau pergi liburan dengan teman, saudara, keluarga atau pacar. Tujuannya, agar tubuh dan pikiran agar lebih fresh.

Kesimpulan

Untuk menjadi freelancer sukses bukanlah hal yang mudah dilakukan beberapa caranya adalah dengan melakukan cara-cara di atas. Jika Anda adalah pemula, maka bisa memulai memperkaya kemampuan dan membangun relasi entah dengan klien atau sesama relasi.

Nah, itulah tadi sembilan cara menjadi freelancer sukses. Jika Anda tertarik untuk menjadi pekerja lepas baik part time atau full time bisa mencoba cara-cara di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More