Bisnisly.com
Belajar Bisnis, Investasi, Dan Internet Marketing

10 Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Paling Mudah

0

Halo semuanya, kali ini kita akan mengupas topik yang sangat menarik dan hangat diperbincangkan yaitu cara menghasilkan uang dari Youtube. Ya, benar topik ini merupakan salah satu topik yang sangat diminati oleh orang Indonesia saat ini.

Mengapa demikian? Sebab, Youtube saat ini sudah tidak hanya dianggap sebagai platform saja, melainkan sebagai media bisnis untuk mendapatkan uang di internet. Maka sangat tidak heran bila jumlah YouTuber di Indonesia semakin hari kian banyak saja.

Mengenai penghasilannya, seorang YouTuber sukses mampu menghasilkan uang hingga ratusan juta perbulan. Wow sekali ya? Hanya dengan mengunggah konten video di Youtube bisa menghasilkan uang sebanyak itu melebihi penghasilan orang yang bekerja ikut perusahaan.

Lantas bagaimana sih cara mendapatkan uang dari Youtube? Apakah sesulit membuat blog yang menghasilkan uang atau malah jadi lebih mudah? Sabar, semuanya akan kita bahas di bawah ini, oleh karena itu silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Langkah-langkah Menghasilkan Uang Dari Youtube

Langkah-Langkah Menghasilkan Uang Dari Youtube
Langkah-Langkah Menghasilkan Uang Dari Youtube

Baik, mari kita akan membahas mengenai langkah-langkahnya, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube. Tahukah Anda? Bahwa YouTube merupakan platform berbagi video terbesar di dunia, yang menyediakan video-video baru hingga ribuan video perharinya.

“Dari mana video-video tersebut? Ya benar sekali, video-video tersebut adalah hasil unggahan dari penggunanya.”

Para pengunggah video ini lah yang biasa disebut dengan kontent kreator ataupun YouTuber yang kemudian memonetisasi videonya sehingga bisa menghasilkan uang dari YouTube. Bagaimana cara memonetisasi konten video? Sabar, akan kita bahas nanti di bawah.

Nah, secara garis besar langkah-langkah menghasilkan uang dari YouTube sebagai berikut:

  1. Menentukan Niche Channel Youtube
  2. Membuat Channel Youtube
  3. Membuat Konten Video Menarik
  4. Optimasi Konten Video
  5. Menautkan Channel Dengan Google Adsense

“Wow…hanya dengan lima langkah seperti itu saja, kita sudah dapat mendapatkan uang dari Yotube, mudah sekali ya…

Eitss…eitss tunggu dulu, jangan menggampangkan semuanya, seperti yang telah disebutkan di atas 5 langkah tersebut hanya “garis besarnya saja” dan tentu saja memiliki hal terperinci lain yang harus dilakukan. Apa saja itu? Baik, mari kita kupas satu per satu.

1. Menentukan Niche Channel YouTube

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan niche. Apa itu niche konten? Niche adalah sebuah topik yang akan dibahas. Tidak hanya membuat blog saja yang perlu memikirkan niche yang akan dibahas, melainkan Youtube juga demikian.

Lantas, langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mentuka niche channel YouTube. Tentu ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk membantu untuk menentukan niche. Beberapa cara yang biasa dipakai adalah dengan riset keyword atau membuat konten berdasarkan hobi.

Riset keyword adalah metode untuk mencari kata kunci potensial banyak dicari di Youtube. Namun, riset keyword untuk penentuan niche YouTube memerlukan beberapa metode tertentu, yang semuanya bisa Anda lihat pada artikel kami cara riset kata kunci untuk YouTube.

Sedangkan cara kedua dalam menentukan niche channel Youtube adalah dengan mengandalkan preferensi pribadi. Artinya, pembuatan konten berdasarkan kesenangan pribadi masing-masing. Cara ini juga mulai diterapkan oleh banyak YouTuber, karena dianggap lebih mudah.

2. Membuat Channel Youtube

Sekarang masuk ke tahap berikutnya, yaitu pembuatan channel Youtube. Agar bisa menghasilkan uang dari Youtube tentu Anda harus memiliki channel Youtube terlebih dahulu, karena sangat konyol bila Anda ingin mendapatkan uang dari Youtube tanpa memiliki channel.

Lantas, bagaimana cara membuat channel Youtube? Sebenarnya sangat mudah, asalkan Anda memiliki email gmail otomatis Anda sudah memiliki channel Youtube tinggal diaktifkannya saja. Caranya bisa di lihat di bawah ini.

Lalu bagaimana dengan pengguna HP, Apakah bisa membuat channel Youtube dari smartphone? Tentu saja bisa, untuk selengkapnya silahkan simak artikel cara membuat channel Youtube dari smartphone paling mudah.

3. Membuat Konten Video Menarik

Membuat Konten Video Menarik
Membuat Konten Video Menarik

Setelah memiliki channel Yotube, langkah selanjutnya agar bisa menghasilkan uang dari Youtube adalah membuat konten menarik yang dapat menarik penonton untuk melihat video Anda. Mengapa harus membuat konten menarik?

Salah satu tolok ukur yang bisa dipakai untuk mengukur video menarik atau tidak adalah jumlah viewers atau penonton. Lazimnya, semakin menarik vido biasanya memiliki banyak viewers dan hal ini juga mampu mempengaruhi penghasilan yang di dapat.

Pasalnya, dalam penghitungan iklan juga menghitung banyaknya tayangan ataupun klik. Jadi kesimpulannya, semakin banyak penonton video Anda maka berkesempatan semakin banyak pula iklan yang berhasil ditayangkan, sehingga penghasilan yang didapat juga semakin besar.

Lalu bagaimana cara membuat konten menarik? Singkatnya ada beberapa kriteria konten video Youtube bisa dibilang menarik, untuk lebih terperincinya silahkan kunjungi artikel cara membuat video Youtube manarik.

Nah, berikut adalah kriteria video yang menarik untuk di tonton:

  • Pembawaan yang enak dan luwes.
  • Ada musik untuk menambah mood, nuansa, suasana saat menonton di video.
  • B-roll (selipan cinematografi).
  • Perhatikan pencahayaan, background, dan shoot video
  • Audio Jelas

4. Optimasi Konten Video

Kini masuk ke tahap selanjutnya yaitu optimasi konten video. Sempat disinggung di atas, bahwa jumlah viewers sangat mempengaruhi jumlah pendapatan. Nah, pada langkah ini lebih terfokus pada pengoptimalan video agar mudah ditemukan di pencarian Youtube.

Banyak sekali Youtuber pemula yang mengeluh karena videonya masih saja sepi viewers. Apa saja penyebabnya? Ada beberapa kemungkinan, yang pertama adalah video memang kurang menarik untuk dilihat dan yang kedua adalah kurang optimasi SEO atau Search Engine Optimization.

Pada dasarnya Youtube adalah sebuah mesin pencari yang memunculkan hasil berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Artinya, Youtube juga memiliki algoritma khusus dalam menyeleksi video mana yang akan ditayangkan di pencarian paling atas.

Beberapa hal diantaranya yang dibaca adalah dengan meta data dari setiap video yang diunggah. Maka dari itu, agar video Anda lebih maksimal di hasil pencarian Youtube, maka pastikan beberapa hal di bawah ini.

  • Optimasi Judul, Deskripsi, Tag
  • Manfaatkan Fitur Menarik Bawaan Youtube
  • Manfaatkan Analitik Youtube: Untuk mencari tahu minat, jumlah like dislike, dll
  • Buat Call To Action di Video
  • Promosikan Video Di Media Sosial

Karena nantinya akan terlalu panjang artikel ini dan untuk mempersingkat artikel di sini, penjelasan detail mengenai cara optimasi video di Youtube silahkan baca di halaman pembahasan topik terkait.

5. Menautkan Channel Dengan Google Adsense

Kemudian langkah terakhir cara menghasilkan uang dari Youtube adalah dengan menautkan channel Anda dengan Google Adsense. Apa itu Google Adsense? Google Adsense merupakan advertising networks atau program kerjasama periklanan milik Google.

Nah, agar channel Youtube Anda bisa menghasilkan uang maka Anda perlu memiliki akun Google Adsense terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Silahkan baca cara daftar Google Adsense terlebih dahulu agar nanti tidak bingung.

Kemudian, setelah memiliki akun Google Adsense sekarang saatnya untuk menautkan dengan channel Youtube Anda. Ulasan lengkap mengenai caranya, sudah pernah kami bahas pada artikel cara menautkan channel Youtube ke Google Adsense.

Setelah sukses menautkan channel dengan Google Adsense, maka iklan akan muncul disetiap video Anda, dan inilah yang menjadi sumber penghasilan para Youtuber.

Kemudian penghasilan-penghasilan dari iklan akan masuk ke dasboard Google Adsense untuk divalidasi oleh pihak Google apakah terdapat invalid klik atau pelanggaran lain. Selanjutnya jika sudah divalidasi maka dana akan dikirim ke YouTuber.

Namun, yang perlu diperhatikan bahwa Youtube memiliki standar channel yang bisa dimonetisasi(diuangkan) yaitu diantaranya adalah memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton valid dalam 12 bulan terakhir serta jumlah subscriber adalah lebih dari 1000, selengkapnya silahkan baca di SINI.

Jadi, sebelum ditautkan ke Google Adsense maka yang terbaik adalah memenuhi standar-standar dari Youtube yang telah ditentukan. Agar nantinya dalam proses verifikasi ataupun penautan channel Anda tidak terjadi permasalahan.

Sumber Penghasilan Lain YouTuber

Sumber Penghasilan Lain YouTuber
Sumber Penghasilan Lain YouTuber

“Apakah penghasilan konten kreator atau Youtuber hanya dari Google Adsense saja?”

Mungkin beberapa dari Anda bertanya seperti ini. Kabar baiknya, Google Adsense memang sumber penghasilan Youtuber dan konten kreator paling umum namun bukan satu-satunya. Masih banyak alternatif lain cara menghasilkan uang dari Youtube yang bisa dicoba.

Apa saja itu? berikut adalah alternatif cara mendapatkan uang dari Youtube yang layak untuk dicoba.

6. Afiliasi Marketing

Cara menghasilkan uang dari YouTube selain dari Adsense adalah dengan menjadi Affiliate Marketer atau mempromosikan produk orang lain dengan sistem komisi. Artinya, konten video yang dibangun adalah benar-benar untuk tujuan promosi produk dari perusahaan tertentu.

Biasanya sorang affiliate sarketer akan mendapatkan link khusus afiliasi. Kemudian, jika Anda dapat merekomendasikan orang lain untuk membeli produk melalui link afiliasi Anda, maka komisi akan didapat, untuk besar kecilnya tergantung setiap kebijakan masing-masing perusahaan yang diikuti.

7. Jual Produk Sendiri (Merch)

Cara lain menghasilkan uang dari Youtube adalah dengan menjual produk atau jasa sendiri. Jika Anda memiliki brand ataupun produk sendiri, maka tidak ada salahnya memanfaatkan channel untuk berjualan.

Cara ini juga sering dipakai oleh subscriber besar untuk berjualan produk, seperti merchandise, buku, set up komputer, kamera, dll. Contoh Youtuber besar yang melakukan teknik ini adalah the king of Youtuber dari Sweedia Felix Ulf Kjellberg atau bisa dikenal dengn “PewDiePie”.

8. Endorsement Produk (Direct Advertising)

Endorsement Produk
Endorsement Produk

Kemudian cara mendapatkan uang dari Youtube selanjutnya adalah kerjasama dengan brand atau lebih dikenal dengan sebutan Endorsement. Cara ini juga adalah sebagai metode alternatif sumber penghasilan para Youtuber.

Biasanya, para Youtuber akan meriview mengenai produk di dalam videonya. Secara tidak langsung dua belah pihak mendapatkan keuntunga. Pihak Youtuber akan mendapatkan imbalan berupa uang, sedangkan pihak perusahaan bisa mempromosikan produk ke viewers Youtuber.

Untuk besar kecil uang yang didapat Youtuber, tentu saja tergantung perjanjian yang telah disepakati kedua pihak. Bisa saja berupa produk secara cuma-cuma atau uang dengan nominal tertentu. Lazimnya, semakin besar channel maka upah yang didapat juga semakin besar.

9. Konversi Traffic Ke Moneysite

Kemudian, cara mendapatkan uang dari Youtube berikutnya adalah dengan mengkonversi viewers Youtube ke Moneysite. Apa itu moneysite? Moneysite adalah sebutan untuk blog atau website yang sudah menghasilkan uang, entah dari iklan, content placement, afiliasi, dll.

Nah, bagi Anda yang cenderung memilih blog atau website sebagai sumber penghasilan dari internet. Juga bisa mendapatkan traffic tambahan dari Youtube, caranya dengan mengarahkan viewers ke situs Anda.

10. Fans Funding

Alternatif lain cara menghasilkan uang dari Youtube berikutnya adalah dengan Fans Funding. Gampangnya, Fans Funding adalah donasi dari audiens atau viewers. Banyak Youtuber yang juga cara ini untuk memperoleh dukungan dana agar tetap eksis di Youtube.

Namun, karena Fans Funding bersifat donasi tentu saja tidak ada paksaan antara Yotuber dan viewers. Donasi ini biasanya adalah bentuk support atau dukungan Audiens kepada Youtuber favoritnya agar terus bisa menyajikan konten-konten menarik.

Beberapa cara yang biasa dilakukan Youtuber untuk menghimpun dana dari Viewersnya adalah dengan membuka akun seperti:

  • Patreon: Platform keanggotaan yang dikhususkan untuk menghimpun dana sehingga memudahkan konten kreator mendapatkan donasi dari viewers melalui patreon.
  • Paypal.me: Hampir sama dengan patreon paypal juga bisa dipakai oleh Youtuber sebagai media untuk mendapatkan donasi dari viewersnya dengan cara mengirimkan sejumlah uang melalui akun paypal.

10 Ide Konten Video Paling Laris Di Indonesia

“Saya ingin menjadi youtuber tapi bingung ingin membuat konten apa?, Mau bahas konten apa ya enaknya di channel saya?, konten video seperti apa ya yang gampang dapat viewers banyak?”

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sangat banyak dijumpai di berbagai forum Youtuber. Nah, bagi Anda yang menjadi Youtuber namun masih bingun memilih konten apa yang dipilih, coba simak beberapa ide konten yang cukup populer di Indonesia.

  1. Konten Gaming
  2. Konten Edukasi Atau Tutorial
  3. Konten Beauty
  4. Konten Kuliner Atau Masak
  5. Konten Teknologi
  6. Konten Horor
  7. Konten Animasi
  8. Konten Podcast Video
  9. Konten Unboxing
  10. Konten Trip

Akhir Kata

Youtube merupakan platform berbagi video terpopuler di dunia saat ini. Tidak hanya untuk berbagi video, melainkan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Caranya adalah dengan menjadi konten kreator atau Youtuber kemudian mengikuti program periklanan Google.

Tidak sampai disitu, cara menghasilkan uang dari Youtube ternyata tidak hanya melalui program periklanan Google Adsense saja. Melainkan ada alternatif lain yang bisa dicoba bila channel tidak memenuhi syarat. Setidaknya ada lima cara alternatif yang bisa dicoba.

Nah cukup sekian ulasan mengenai cara menghasilkan uang dari Youtube. Perlu dikatahui bahwa cara mendapatkan uang dari Youtube bukanlah cara yang instan, melainkan membutuhkan konsisten dalam membangun channel. Selamat mencoba.

Ingin memulai bisnis online namun bingung memulainya darimana? Tenang, jika Anda adalah anak milenial ada beberapa ide yang bisa Anda coba, temukan jawabannya di artikel 8 daftar kerja online menjanjikan untuk anak milenial ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More