Bisnisly.com
Belajar Bisnis, Investasi, Dan Internet Marketing

6 Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Paling Mudah

0

Sebuah topik yang selalu hangat diperbincangkan dan selalu menjadi bacaan gurih di internet, yaitu cara membuat blog yang menghasilkan uang atau menghasilkan uang dari blog. Nah, kali ini kita kan membahasnya hingga tuntas, silahkan ikuti artikel ini hingga selesai.

Sebelumnya ada beberapa hal yang mungkin salah kaprah. Faktanya, ada banyak sekali jenis blog yang beredar di internet, dan memang tidak semuanya dapat menghasilkan uang. Tergantung tujuan dan kualitas blog itu sendiri.

Lalu blog seperti apa yang bisa menghasilkan uang?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, silahkan simak enam cara membuat blog yang menghasilkan uang di bawah ini.

1. Membangun Mindset

Membangun mindset blogger sukses
Membangun mindset blogger sukses

Pada tahap awal, hal pertama yang harus dibangun adalah diri Anda. Untuk menjadi blogger sukses maka harus memiliki midset yang benar terlebih dahulu. Kemudian, barulah memikirkan cara membuat blog yang menghasilkan uang.

Jangan dikira, menjadi blogger adalah sesuatu yang mudah, ketika sudah menjalaninya, banyak sekali godaan-godaan yang membuat anda fokus melanjutkan tujuan awal. Nah, berikut ini adalah mindset blogger sukses yang harus Anda tanamkan pada diri Anda.

#Menghasilkan Uang Dari Blog Bukanlah Cara Mudah Dan Instan

Membuat blog yang menghasilkan uang bukanlah hal mudah dan instan. Untuk membangun blog yang bisa mendatangkan banyak traffic bukanlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam sehari, memerlukan proses yang panjang. Sehingga dibutuhkan usaha yang keras dan keuletan.

Jika Anda baru saja mulai dan langsung berharap dapat uang banyak dari blog, maka STOP sekarang juga. Hal tersebut hanya akan merusak kesehatan mental Anda, karena dilanda stress. Membangun Blog bukanlah cara cepat untuk menghasilkan uang dari internet.

Maka, langkah terbaik adalah fokus membuat blog yang menarik dan memberikan manfaat ke banyak orang. Dengan begitu blog Anda akan mendatangkan banyak pengunjung organik dari mesin pencari.

#Konten = Raja Dan Traffic = Uang

Konten adalah raja
Konten adalah raja

Mindset selanjutnya yang wajib ditanamkan adalah menyadari bahwa konten adalah raja dan traffic adalah uang. Artinya, isi konten adalah kunci terpenting dalam suksesnya sebuah blog. Maka berusahalah membuat blog dengan konten yang menarik minat pengunjung.

Karena semakin bagus konten yang disajikan, dan memberikan nilai manfaat kepada pengunjung . Maka, semakin besar pula kesempatan Anda menghasilkan uang dari blog yang Anda bangun tersebut.

2. Mulai Membuat Blog

Cara membuat blog yang menghasilkan uang selanjutnya adalah mulai membangun blog itu sendiri. Karena semuanya akan percuma jika semuanya tidak diwujudkan dengan aksi. Maka, jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog, segeralah mulai dan jangan di tunda-tunda.

Memulainya bagaimana? Sama halnya jika Anda ingin membuat nasi goreng, maka Anda harus menyiapkan nasi, bumbu, kompor, dan peralatan untuk menggoreng lainnya. Membangun blog tentunya Anda harus mempersiapkan semua keperluan sebagai penunjangnya.

Mulai Membangun Blog
Mulai Membangun Blog

Nah, di bawah ini adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum membangun blog Anda.

#Tentukan Niche

kunci membuat blog yang menghasilkan uang selanjutnya adalah menentukan niche blog. Apa itu niche blog? Niche blog bisa diartikan sebagai topik utama sebuah blog. Untuk pemula. Lebih jelasnya silahkan baca cara menentukan niche blog.

Untuk pemula, sangat disarankan untuk membuat blog dengan satu niche saja. Artinya, blog yang dibangun memiliki benang merah pembahasan. Manfaatnya, sangat bagus untuk SEO dan terlebih lagi untuk monetisasi blog Anda kedepannya (akan dibahas kedepannya).

Saya sering melihat blog yang membahas berbagai macam topik, kalau seperti itu bagaimana?

Ya, memang tidak ada larangan bila Anda membuat blog dengan macam topik, Google juga memperbolehkan hal itu. Namun, akan lebih baik jika blog baru yang dibangun dengan satu topik agar pengunjung bisa tertarget sesuai bidikan kata kunci, sehingga bagus untuk SEO dan hasil SERP.

Nah, jika sukses dengan satu niche atau topik, maka kemudian baru mengembangkan dengan topik-topik yang lebih luas. Namun, juga tetap memepertimbangkan relevansi konten.

Misalnya, jika awalnya membahas niche “kesehatan” yang membahas seputar “diet”, maka bangunlah konten seputar topik diet tersebut hingga tuntas.

Jika sudah sukses pada niche tersebut, maka bisa menjamah niche lain, seperti fitness, jogging, yoga, dll. Jadi meskipun sudah berbeda topik namun relevansi konten tetap ada yaitu niche “kesehatan”.

#Pilih Nama Domain

Kemudian langkah selanjutnya dalam membuat blog yang menghasilkan uang adalah dengan memilih nama domain blog. Apa itu domain? Gampangnya, domain adalah sebuah nama untuk mengidentifikasi sebuah blog di jagad maya atau biasa disebut dengan URL.

Memilih Nama Domain Unik
Memilih Nama Domain Unik

Ekstensi domain juga sangat bervariasi, mulai dari .com, .net, .id, .org, .web.id, dll. Silahkan pilih ekstensi yang menurut Anda paling cocok. Namun, sangat disarankan memilih ekstensi domain .com, karena sangat populer bahkan menjadi grassroot atau akar rumput di masyarakat.

Dan perlu diperhatikan, dalam memilih domain pastikan namanya mudah diingat. Semakin singkat lebih baik, karena nantinya akan menjadi branding dari blog yang Anda bangun. Selengkapnya baca cara memilih nama domain yang unik untuk blog.

#Pilih Platform

Selanjutnya adalah memilih platform untuk membangun blog Anda. Sebenarnya banyak sekali platform yang bisa dipilih, namun secara garis besar, dibedakan menjadi dua yaitu platform gratisan atau yang berbayar. Tentu keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Platform versi gratisan dapat dijumpai seperti, blogger.com, wordpress.com, tumblr, weebly, medium, dll. Keunggulannya Anda tidak perlu repot mengurusi biaya server, mungkin hanya membayar untuk kostum domain saja, dan selebihnya gratis.

Untuk kekurangannya adalah tidak bisa leluasa dalam mengelola blog, karena tidak bisa akses database seperti versi berbayar. Dan sewaktu-waktu website bisa di takedown oleh platform yang Anda tempati.

Sebaliknya di versi premium, kelebihannya Anda sebebas mungkin mengelola blog Anda. Namun kekurangannya Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk menyewa hosting untuk Blog Anda. Salah satu platform berbayar paling umum adalah wordpress.org (self-host).

3. Konsisten Membuat Konten

Setelah blog dibuat apakah sudah bisa menghasilkan uang?

Belum. Perjuagan Anda masih panjang. Justru inilah awal mula penderitaan dan ujuan terberat hampir semua blogger di dunia yaitu membuat konten berkualitas secara konsisten.

Membuat Konten Menarik Untuk Blog Anda
Membuat Konten Menarik Untuk Blog

Kunci dari membuat blog yang menghasilkan uang adalah di bagian ini. Seperti yang telah ditulis di atas yaitu content is king. Dengan konsisten membuat konten menarik dan berkualitas maka semakin cepat pula blog akan menghasilkan uang.

Konsisten menulis memang terdengar mudah namun kenyataannya tidaklah semudah itu. Terkadang rasa malas kerap menghampiri blogger, dan belum lagi jika kehabisan ide. Hal-hal tersebut sering mengganggu para blogger hingga akhirnya menyerah.

4. Optimasi SEO

Apa itu SEO? Seo adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan blog di mesin pencari. Tujuan utamanya adalah meningkatkan eksistensi blog Anda di mesin pencari sehingga mudah ditemukan.

Optimasi SEO Blog Secara Natural
Optimasi SEO

Langkah ini memang sangat penting namun jangan sampai terjebak di dalamnya. Maksudnya, lakukan optimasi SEO secara wajar, karena mesin pencari Google juga memiliki algoritma yang mampu menemukan cara optimasi yang tidak wajar.

Dampaknya, blog Anda bisa di deindex oleh mesin pencari sehingga tidak akan bisa ditemukan. Nah, artikel cara optimasi SEO blog ini mungkin bisa memberikan solusi untuk Anda. Jadi sangat dianjurkan menggunakan SEO namun jangan sampai terlalu berlebihan atau SPAM.

5. Promosi Konten

Dengan optimasi SEO memang akan membantu meningkatkan pengunjung organik ke blog Anda. Namun jangan lupakan pula untuk mempromosikan konten Anda. Promosi konten blog bisa dilakukan tujuannya adalah mencari pembaca konten Anda lebih banyak lagi.

Memaksimalkan Sosial Media
Memaksimalkan Sosial Media

Masih ingat dengan minset yang tertulis di atas? traffic adalah uang, tujuan promosi konten adalah di sini. Semakin banyak orang ke website Anda, maka semakin mudah mengkonversikannya menjadi uang. Lalu bagaimana cara mempromosikan konten blog?

Berikut adalah cara mencari pembaca konten blog:

  • Promosi konten di sosial media
  • Manfaatkan fitur berlangganan untuk email marketing
  • Promosikan di forum online
  • Blogwalking dan berkomentar di blog orang lain
  • Promosikan Blog di SlideShare

Untuk penjelasn detailnya Anda membacanya langsung pada postingan cara promosi konten blog ini.

6. Memonetisasi Blog

Mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang muncul di kepala Anda sekarang.

Darimana Sumber pendapatan Blogger?

Nah, langkah terakhir membuat blog yang menghasilkan uang adalah dengan menguangkannya. Bagaimana caranya? Sebenarnya banyak sekali sumber pendapatan blogger untuk mendapatkan uang dari blog yang di kelolanya.

Memonetisasi Blog Yang Dibangun
Memonetisasi Blog Yang Dibangun

Yang paling umum dan terpopuler di kalangan blogger adalah dari program jaringan periklanan Google Adsense. Dalam hal ini, Google berperan sebagai pihak ketiga yang menghubungkan pengiklan dan blogger.

Untuk mengikuti program ini Anda harus mendaftarkan blog ke Google Adsense. Setelah disetujui, pihak Google akan menayangkan iklan di blog Anda. Nah, dari situlah uang yang di dapat oleh blogger.

Jaringan iklan Google Adsense adalah hanya salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Tentunya masih banyak sumber-sumber penghasilan para blogger lainnya. Untuk mengetahuinya silahkan baca artikel cara mendapatkan uang dari blog ini.

Kesimpulan

Membangun blog yang bisa menghasilkan uang memang memerlukan proses yang panjang. Dan bukanlah cara cepat untuk mendapatkan uang dari blog. Jika Anda tertarik membuat blog, maka fokus lah untuk membangun konten bukan mendapatkan uang.

Lazimnya, jika konten yang Anda suguhkan bermanfaat dan diolah dengan sajian yang menarik. Maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. Jika sudah memiliki pengunjung, akan lebih mudah untuk mendapatkan uang dari blog, seperti dari jaringan periklanan Google Adsense.

Secara garis besar itulah tadi cara membuat blog yang menghasilkan uang. Namun karena terlalu panjang, beberapa penjelasan lain akan di arahkan ke halaman lain. Silahkan cantumkan komentar di bawah bila ada hal yang perlu Anda tanyakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More