Bisnisly.com
Belajar Bisnis, Investasi, Dan Internet Marketing

Bisnis Reseller Online: Peluang Usaha Modal Kecil Menggiurkan

0

Halo sobat entrepreneur,..masih seputar dunia bisnis online, kita akan mambahas bisnis reseller online, yang katanya merpakan peluang bisnis modal kecil paling menggiurkan saat ini.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan mengupasnya secara tuntas. Mulai dari pengenalan, cara kerjanya, dan cara menjadi reseller online sukses. Kemudian yang terpenting, apakah apakah bisnis ini masih menggiurkan dan layak dicoba? Daripada penasaran, mari kita kupas satu persatu.

Pengenalan Bisnis Reseller Online

Pengertian bisnis reseller secara umum adalah individu atau perusahaan yang membeli produk langsung dari produsen dari pabrik atau manufaktur untuk dijual kembali ke konsumen baik secara offline atau online.

Tujuan individu atau perusahaan membeli produk langsung dari produsen adalah untuk mendapatkan harga termurah. Dengan harapan setelah di jual ke konsumen dapat memperoleh keuntungan lebih banyak.

Sebuah pemahaman yang sering salah di masyarakat adalah menganggap sama antara bisnis reseller dengan dropship. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Lebih jelasnya silahkan baca artikel perbedaan bisnis dropship dan reseller.

Cara Kerja Bisnis Reseller Online

Bisnis Reseller Online
Bisnis Reseller Online

Sebenarnya, bisnis reseller online dan dropship hampir memiliki sistem yang sama. Intinya, keduanya memasarkan produk dengan tujuan memperoleh keuntungan dari selisih harga awal dan harga jual setelahnya. Letak pembedanya adalah di siklus perputaran barang, dan besar modal.

Pertama, dalam bisnis reseller online, produk harus dibeli oleh si reseller terlebih dahulu sebelum di teruskan ke customer. Jadi produk dari supplier sudah benar-benar menjadi milik si reseller sepenuhnya, kemudian dijual kembali ke customer atas nama si reseller sendiri.

Kedua, dengan mengharuskan membeli produk terlebih dahulu dari supplier. Maka si reseller setidaknya memiliki modal untuk stok produk-produk sebelum dijual kembali. Berbeda dengan dropship, pelaku bisnisnya bisa menjalankannya tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Cara Menjadi Reseller Online Sukses Dengan Modal Kecil

Mengapa pilih bisnis reseller online? Ada dua alasan umum mengapa orang memilih bisnis ini. Pertama, dapat memulai bisnis dengan modal kecil. Kedua, fleksibel dan tidak terikat oleh waktu, sehingga sangat bebas menjalankan bisnisnya kapan saja.

Jika Anda tertarik menjadi reseller online sukses. Maka wajib mempelajari segala hal-hal teknis mendasar seputar bisnis ini. Kemudian, menyiapkan strategi-strategi pemasaran produknya nanti. Nah, berikut adalah panduan cara menjadi reseller online sukses dengan modal kecil.

1. Menentukan Produk

Langkah pertama menjadi reseller online sukses adalah menentuan produk yang akan dijual. Pemilihan produk tidak boleh sembarangan. Jadi, harus benar-benar menyeleksi produk yang paling pas dengan budget, permintaan pasar, kualitas, dan harga jual.

Pemilihan Produk Yang Dijual
Pemilihan Produk Yang Dijual

#A. Produk Memiliki Daya Jual Tinggi

Kriteria yang pertama adalah produk yang memiliki daya jual tinggi. Maksudnya, produk yang memiliki banyak peminat, barang dengan peminat tinggi akan membuka peluang yang lebar untuk cepat terjual.

Sehingga perputaran uang akan lebih cepat dan keuntungan segera didapatkan untuk digunakan membeli produk selanjutnya. Barang dengan peminat yang lemah, sangat tidak dianjurkan untuk dipilih.

#B. Produk Tahan Banting

Kriteria produk selanjutnya adalah produk tahan banting. Artinya produk yang dijual tidak mudah rusak. Mengapa demikian? Karena dalam bisnis reseller online, tidak lepas dari pengiriman, yang bisa saja mengalami banyak benturan selama pengiriman.

Meskipun setiap jasa pengiriman memiliki prosedur yang ketat dalam pengiriman. Namun kerusakan dalam proses pengiriman bisa saja terjadi. Maka dari itu memilih produk yang tahan banting adalah langkah bijak dalam memulai bisnis ini.

Terlebih lagi jika pemasarannya mencakup seluruh indonesia. Bisa jadi Anda bisa mendapatkan customer dari luar pulau. Jika produk yang dikirim mudah rusak, mudah pecah misalnya, jelas akan mengecewakan customer anda.

#C. Produk Legal

Kriteria produk selanjutnya adalah produk yang legal. Produk legal yang dimaksud di sini adalah barang yang tidak melanggar regulasi perundang-undangan di Indonesia. Artinya, produk yang dipilih aman secara hukum, sehingga bisnis yang dijalankan bisa long term atau bertahan lama.

Mengapa demikian? Dengan memilih produk legal untuk bisnis ini, setidaknya sudah mengamankan kelangsungan bisnis yang dikelola dari masalah hukum yang berlaku di Indonesia.

#D. Harga Produk Terjangkau

Karena konteks yang dibahas di sini adalah memulai bisnis reseller online dengan modal kecil. Maka kriteria produk selanjutnya adalah memilih produk dengan harga murah terjangkau. Untuk pemula, dalam langkah ini penyesuaian dengan modal sangat dibutuhkan.

Mencari Supplier Tepat Untuk Bisnis Reseller
Mencari Supplier Tepat

Dengan memilih produk dengan harga terjangkau, maka Anda bisa memulai bisnis tanpa mencari pinjaman. Setidaknya, sudah bisa memulai dengan modal sendiri. Sehingga beban tekanan selama menjalankan bisnis tidak terlalu besar.

2. Mencari Supplier Tepat

Langkah menjadi reseller sukses selanjutnya adalah mencari supplier produknya. Supplier atau biasa disebut dengan penyuplai memang sangat banyak sekali. Namun supplier yang seperti apa yang anda butuhkan? Lebih jelasnya silahkan lihat kriterianya di bawah ini.

#A. Fast Response

Kriteria suplier yang baik untuk dijadikan partner adalah fast response. Bekerja sama dengan suplier fast response, mempermudah dalam berkomunikasi berbagai keperluan. Misalnya di saat kehabisan stok, maka komunikasi dengan supplier sangat dibutuhkan.

Intinya, dengan memilih suplier yang cepat tanggap, sangat diperlukan untuk kebutuhan stok produk. Sehingga ketika kehabisan stok produk, tidak sampai ‘kelabakan’.

#B. Menyediakan Harga Khusus Untuk Supplier

Perlu diingat tujuan bisnis ini adalah mendapatkan keuntungan dari harga beli dengan harga jual. Maka dari itu kriteria supplier yang baik selanjutnya adalah memberi diskon atau harga khusus untuk reseller. Dengan begitu, nantinya bisa mengambil untung lebih banyak.

#C. Terpercaya

kriteria suplier yang tepat dan bisa dijadikan partner bisnis selanjutnya adalah terpercaya. Artinya, supplier anda harus benar-benar bisa dipercaya, bertanggung jawab dan terbuka. Dengan mendapat supplier yang dapat dipercaya, maka pondasi bisnis anda akan kokoh.

#D. Memiliki Produk Berkualitas

Kriteria selanjutnya adalah suplier yang menjual produk berkualitas. Cobalah untuk membangun kepercayaan jangka panjang kepada customer. Caranya yaitu dengan menawarkan produk berkualitas. Jadi setelah membeli, ada rasa bangga, bukan merasa “KAPOK”.

#E. Stok Barang Melimpah

Kriteria selanjutnya adalah memiliki stok barang melimpah. Terkadang, produk yang dijual bisa laku keras dan permintaan masih tetap tinggi. Nah dengan stok barang yang banyak, aktivitas jualan akan tetap bisa jalan. Sehingga untung yang didapat lebih banyak.

3. Penentuan Harga Jual Yang Pas

Cara menjadi reseller online sukses berikutnya adalah riset harga pasar. Penentuan harga jual produk tidak bisa dilakukan sembarangan. Setidaknya sangat diperlukan data harga pasaran produk serupa, entah di pasar offline atau online, dan harga kompetitor.

Penentuan Harga Jual
Penentuan Harga Jual

Mengapa riset harga sangat penting? karena bagi masyarakat Indonesia, harga adalah faktor penentu paling besar lakunya sebuah produk. Maka dari itu sebisanya, harga tidak terlalu jauh dari harga pasaran, dan juga harga pesaing yang menjual produk serupa.

Lazimnya, semakin murah harga produk biasanya akan cepat laku. Tapi harus juga dipertimbangkan untung, karena perkembangan bisnis tidak akan berkembang pesat jika untung yang didapat terlalu kecil.

4. Strategi Pemasaran Online

Terakhir, langkah menjadi reseller online sukses adalah memikirkan strategi pemasaran dengan matang-matang. Umumnya ada dua cara, yaitu offline dan online. Namun, bagi yang baru mulai menjalankan bisnis reseller online. Sebaiknya menggunakan pemasaran secara online.

Kerjasama Dengan Supplier Produk
Kerjasama Dengan Supplier Produk

Pemasaran online saat ini jauh lebih efektif, kenapa? Pemasaran online lebih luas jangkauannya, hemat biaya, dan sudah jaman digital. Jadi, sangat sayang jika mengesampingkan pemasaran lewat internet. Nah, berikut ini adalah beberapa cara pemasaran online yang bisa dilakukan.

#A. Memanfaatkan Sosial Media

Sosmed atau sosial media, kini tidak hanya digunakan untuk menjalin bersenang-senang saja. Melainkan kini sangat cocok digunakan untuk pemasaran online. Tidak percaya? Sekarang mari kita amati.

Pertama, di jaman sekarang, siapa sih yang tidak memiliki akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pintrest, dll. Semua orang setidaknya memiliki satu sosial media kesayangannya. Jadi dapat diasumsikan pengguna sosial media jumlahnya sangat banyak .

Kedua, tujun orang bermain sosmed bisa bermacam-macam. Ada yang ingin mencari hiburan, ada pula yang mencari produk yang sedang diminati. Misalnya, jika orang ingin membeli sepatu online, kemungkinan sosial media salah satu rujukan untuk mencari produk tersebut.

Nah, jika mempertimbangkan dua hal tersebut,dengan memasarkan produk di sosial media, besar kemudian produk yang dijual bisa dilihat banyak orang. Dan mungkin saja, beberapa orang yang melihat produk Anda, tertarik untuk membelinya.

#B. Membuat blog

Kemudian cara pemasaran online yang dapat dilakukan adalah membuat blog promosi produk. Namun, jika ingin promosi produk dengan blog setidaknya, Anda juga perlu belajar tentang SEO untuk mengoptimalkan blog di hasil pencarian mesin pencari.

Pada artikel sebelumnya sudah kami buatkan artikel apa itu SEO, dan cara membuat blog blog gratisan atau selfhost. Promosi lewat blog terbilang masih sangat efisien, terbukti banyak orang yang masih memilih cara ini untuk mendongkrak penjualan bisnisnya.

#C. Membuat Konten Video Di Youtube

Semakin hari Youtube semakin diminati. Banyak Youtuber sukses yang mampu menghasilkan uang dari Youtube hingga milyaran, hanya dengan mengunggah video ke channelnya. Sebut saja Atta Halilintar, yang merupakan Youtuber yang memiliki subcriber 19,2 juta.

Dengan jumlah subscriber sebanyak itu, bisa jadi Atta halilintar merupakan Youtuber tersukses di Indonesia, bahkan di Asia tenggara. Pendapatan yang didapatkan oleh Atta berasal dari berbagai macam endorsment dan iklan dari Google.

Nah, meskipun Anda bukan seorang Youtuber, tapi Youtube juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk dengan membuat video review produk. Dan tentu saja mencari subscriber sebanyak mungkin, dengan harapan video ditonton orang lebih banyak.

#D. Memanfaatkan Marketplace

Selanjutnya, untuk pemasaran online, bisa dengan memanfaatkan marketplace. seperti: Tokopedia, Bukalapak, Jd.id, Lazada, Shopee, dll. Anda juga bisa berjualan di sana, tujuannya selain mendapatkan income, juga mempermudah pembeli untuk menemukan produk Anda.

#E. Menggunakan Program Periklanan

Nah, langkah ini bisa dicoba juga, melainkan membutuhkan dana lebih yaitu memakai jasa advertising network atau istilahnya adalah program periklanan. Seperti yang sudah familiar yaitu, Google Adwords, Facebook Ads, Popads, Chitaka, dll.

Dengan mendaftarkan produk ke advertising networks, maka produk akan semakin mudah ditemukan diberbagai tempat, seperti, pencarian Google, di website, di Youtube, dll.

Ide Produk Bisnis Reseller Online Terbaik

Berbicara mengenai jenis produk yang cocok untuk bisnis reseller online, sebenarnya sangat banyak sekali. Asalkan memiliki modal yang cukup, relasi dengan suppliernya, dan kreatifitas dalam memasarkan produknya. Jika tiga hal tersebut dikuasai, apapun produknya bisa laris dijual.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis modal kecil, maka bisnis ini bisa dicoba. Lalu bagaimana jika bingung dalam menentukan produk yang akan dijual? Tenang, beberapa ide produk di bawah ini bisa dipertimbangkan.

#1. Bisnis Reseller Baju Online

Reseller baju adalah ide bisnis modal kecil yang selanjutnya. Seperti yang kita tahu, baju merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Maka tidak heran jika baju tidak pernah sepi peminat baik di offline ataupun online. Sehingga baju sangat cocok untuk bisnis ini.

Reseller Online Baju
Reseller Online Baju

Selain itu, variasi jualan baju sangat banyak, misalnya: baju pria, wanita, anak-anak, olahraga, dll, tinggal pilih saja yang cocok. Namun perlu diperhatikan, karena memiliki banyak peminat, maka saingan yang dihadapi juga semakin banyak dan berat.

#2. Bisnis Reseller Sepatu Sandal Online

Produk selanjutnya yang juga sering digunakan untuk bisnis reseller online adalah sepatu dan sandal. Bisa dari produk original dari brand-brand terkenal hingga produk-produk KW berbagai tingkatan. Produk ini terbilang juga tidak pernah sepi peminat.

Jika tidak percaya, coba silahkan cek, banyak sekali produk ini diperdagangkan secara offline maupun online, dua produk ini selalu ada. Karena memang produk ini sangat dibutuhkan dalam sehari-hari, sehingga hampir semua orang membutuhkan produk ini.

#3. Bisnis Reseller Kosmetik Online

Produk selanjutnya adalah barang yang banyak diminati oleh kaum wanita yaitu kosmetik. Sebenarnya, kosmetik bukanlah kebutuhan primer manusia, namun entah kenapa produk seakan-akan berperan seperti kebutuhan primer manusia, terutama kaum hawa.

Reseller Online Produk Kosmetik
Reseller Online Produk Kosmetik

Mulai dari produk kosmetik pemutih kulit, masker, lipstik, bedak, dll. Hampir di semua jenis produk kosmetik memiliki permintaan yang tinggi, sehingga produk ini cocok dijadikan bisnis reseller baik itu offline maupun online.

Namun jika menjalankan bisnis jualan kosmetik, maka usahakan tidak sembarang memilih produknya, pastikan jelas produsennya, manfaatnya, dan efek sampingnya, sehingga produk tersebut benar-benar aman untuk digunakan.

#4. Bisnis Reseller Online Produk Kesehatan

Sama halnya dengan kosmetik, produk-produk kesehatan juga memiliki peminat yang melimpah. Seperti produk peninggi badan, obat menambah berat badan, obat pemutih kulit, dll. Sehingga produk ini juga sangat cocok dijadikan target untuk berbisnis.

Produk ini juga diperlukan kewaspadaan dalam pemilihannya. Jangan sampai produk yang dijual, membahayakan kesehatan pemakainya. Jadi pastikan dengan jelas produsennya, manfaatnya, dan efek sampingnya, sehingga produk tersebut benar-benar aman untuk digunakan.

Kesimpulannya….

Sebenarnya peluang bisnis banyak sekali sumbernya, tinggal bagaimana kita mencari mengolah dan menyesuaikannya. Jika memiliki modal kecil, maka banyak-banyaklah mengumpulkan data tentang peluang bisnis usaha modal kecil.

Salah satunya bisnis modal kecil yang bisa dicoba adalah bisnis reseller online. Namun untuk menjadi reseller online sukses setidaknya melakukan empat cara yang telah disebutkan di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More